Sakit yang Sering di Jumpai di Pondok

Pondok, di mana ribuan santri berkumpul maka wajarlah beberapa sakit ini muncul.

Yang pertama adalah Jarban. Namun sudah di bahas di postingan sebelumnya. Silahkan baca di sini.

Sakit berikutnya adalah DIARE. Diare, mencret, atau muntaber, pasti Anda sudah populer juga dengan sakit yang ini. Mencret harus segera dihentikan karena jika tidak ditangani dengan cepat, bisa menimbulkan dehidrasi, dan bikin lemas. Obat yang bisa digunakan adalah Diapet, Diapet NR, atau Neo Entrostop. Diapet dan Diapet NR sebenarnya isinya sama saja, bedanya di Diapet NR (Nyerap Racun) ditambah dengan Attalpugit (arang aktif), jadi lebih efektif. Sedangkan Neo Entrostop isinya adalah Attalpugit dan pektin, kerjanya juga dobel yaitu menghentikan diare (aksi dari Attalpugit) dan menghilangkan perut mulas (aksi dari Pektin). Untuk para walisantri, sebaiknya menitipkan obat ini ke santri untuk jaga-jaga supaya hati tenang dan nyaman. Beli saja di apotek, harga 2×12 tablet sekitar 9000 rupiah (isi 24 tablet). 

Untuk penanganan diare, tidak lupa membawakan oralit. Oralit isinya garam-garam penting, yang berguna untuk mengembalikan ion tubuh. Ada NaCl, KCl, trosodiun sitrat dihidrat, glukosa anhidrat, semua ini dibutuhkan oleh tubuh. Kadang orang mikirnya gampang gini, beli aja Pocari Sweat atau Mizone, pengganti oralit. Sebenarnya menurut saya, itu bukanlah ide yang cemerlang. Karena apa? Karena di Pocari Sweat atau Mizone ada zat-zat bersifat asam, misal asam sitrat yang justru tidak bagus karena bikin perut merasa melilit. (orang normal saja kalau ga cocok bisa sakit perut abis minum Pocari). Jadi, tetap pilihlah Oralit sebagai lini pertama, diminum setelah BAB, biar ga lemas, ga dehidrasi. Harga oralit juga lebih murah, 500 rupiah untuk 1 sachet.

Prinsip pengobatan untuk diare, minumlah Neo entrostop dan oralit tiap abis BAB. Maksimal pemakaian Neo Entrostop adalah 12 tablet per 24 jam. Oralit sachet dilarutkan dalam air suhu ruang, lalu diminum sampai habis 1 gelas. Tidak boleh disimpan dalam bentuk larutan, harus larutan baru tiap akan diminum.

Penyakit diare, disebabkan karena bakteri. Biasanya muncul karena makanan yang tidak bersih, atau tidak cuci tangan sebelum makan. Selalu jaga kebersihan, akan mengurangi sakit diare. Ok..

Penyakit ketiga, apa itu? BISUL. [Wah ngeri-ngeri ya penyakitnya, hehehe]. Biasanya menyerang di tempat-tempat tersembunyi, bahkan di *titit* santri (hehe..). Apa obatnya: pakai saja Ichtyol, obat murah tapi ampuh untuk bisul. Icthyol berbentuk salep, warnanya hitam, bikinan Indofarma, cukup ampuh mengobati bisul. Harga sekitar Rp 8700,- tanya apoteker di apotek hampir selalu dijual, obat umum sih.

Ada yang lebih mahal? Ada donk, yaitu salep GARAMYCIN. Isinya gentamicin Sulfat, bikinan PT Schering Plough. Harga cukup mahal, 28.000 rupiah, tapi ini adalah obat paten. Kalo versi generik ada juga, sekitar 2000-4000 rupiah. Apakah sama saja? Yang jelas isinya sama, semua keputusan ada di tangan Anda. Kalo duit ada, ya beli yang bagus aja sekalian.

Penyakit keempat? FLU. Banyak obat-obat yang sudah diiklankan di televisi. Tapi yang saya beli hari ini untuk adik, saya pilihkan Noza atau Nalgestan. Noza isinya Tipolidin HCl, Pseudoephedrin HCl, dan Parasetamol. Efek sampingnya mengantuk. Harga 1800/4 tablet. kalau Nalgestan harga 4200/ 4 tablet.

Sekian dulu, semoga ulasan ini bermanfaat. Obat-obat di atas adalah obat standar, yang (kayaknya) perlu disimpan di lemari anak atau adik kita, biar kalau pas sakit dan belum tahu BKSM nya di mana, atau kondisi darurat, bisa langsung bisa diobati. Pas menjenguk, jangan lupa mampir bentar ke apotek yang tersebar banyak di Kota Ponorogo, membeli obat-obat ini, untuk simpanan (saja). Semoga anak-anak atau adik Bapak/ibu selalu sehat. Wassalam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s