Cara Menuju Gontor 1 Putra

Lagi-lagi, naik kereta Sancaka Pagi dari stasiun Tugu ke Stasiun Madiun, pukul 07.15. Kereta lebih pagi kelas ekonomi ada Kahuripan. Sementara yang agak siang ada Sritanjung (7.30), Logawa (9.15), dan Madiun Jaya Non AC (10:15) dari Lempuyangan. Lama perjalanan sekitar 3 jam. Ini lebih efektif dibanding naik bus, bisa 5-6 jam.

Keluar dari stasiun Madiun jangan lupa ke ATM dulu. Di stasiun Madiun ini tersedia ATM BNI, tepat di pintu keluar, yang bisa juga untuk narik uang pake fasilitas ATM bersama.

Perjalanan ke Ponorogo bisa pakai bus, bisa pakai jasa ojeg. Tapi saya lebih prefer naik ojek, lebih cepet sih, hehe. Setelah tawar-menawar akhirnya dapat kesepakatan harga 45.000 rupiah. Dipilihnya moda angkutan ini karena cepat dan tidak pakai oper-oper, langsung ke lokasi pondok.

Perjalanan 45-60 menit sampailah kami di Gedung Al Azhar. Di bawah tangga ada petugas Bapenta. Di sini akan di data nama dan asal, sambil menyerahkan ID card misal KTP untuk ditukar dengan name-tag Tamu.

Perjalanan pulang, saya pakai ojek lagi. Harga Rp 50.000, 00 udah flat ga bisa di tawar lagi. Ya sudah, yang penting bisa cepat sampai dan tidak telat kereta di Madiun. Ada pilihan jam 2 siang Logawa dan Madiun Jaya non AC, pukul 16 ada Sritanjung, ada Sancaka Sore (17.30), tujuan Jogjakarta.

2 thoughts on “Cara Menuju Gontor 1 Putra

  1. Assalaamu `alaikum warahmatullah . ana dari malaysia ingin ziarah semarang , demak, kudus, seterusnya ke pondok gontor di ponorogo dan akhirnya ke pesantren persis bangil pada 30 oktober hingga 6 november 2012.

    Dari Kuala Lumpur , mungkin ana turun di Semarang atau Jogja. Bagaimanakah yang paling bagus ittinary nya. cadangan saya:

    1. Jogja ke semarang , ada direct bis ke? kalau ada termnal nya di mana dan berapa ongkosnya? ada kereta ke dari jogja ke semarang?
    2. Semarang Demak dan Kudus naik bis ke?
    3. Dari Kudus ke Ponorogo ada bis ke?
    4. Bagaimana kalau dari Kudus ke Solo, kemudian dari Solo ke pondok Gontor di Ponorogo dan dari ponorogo ke persis bangil? Mana yang paling bagus rutenya.
    5. Ana juga nak ziarah pesantren yang beraliran salafi. Boleh terangkan mana2 pesantren yang dapat ana ziarah di jogja, semarang, solo, demak, kudus, bangil dan ponorogo dan bagaimana cara untuk ke sana dengan kereta dan bis.
    6. untuk maklumat, ana lulusan Universiti Islam Madinah 1985. Mana tahu kot ketemu teman2 lama yang sama2 menuntut di Madinah dulu.

    Sekian makasih. wassalaamu`alaikum warahmatullah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s