Jati diri itu berawal dari Gontor (Part 1)

5 Maret 2012

Yang namanya anak remaja, seperti saya pada saat itu, adalah masa-masa pencarian jati diri. Menurut saya , ini adalah hal yang sangat krusial, karena di masa ini pembentukan karakter seseorang itu mulai terbentuk. Dan faktor lingkungan adalah faktor yang sangat mempengaruhi itu.

Mungkin inilah alasan orang tua, untuk menyarankan saya mencoba nyantren di Gontor. Berawal saat menjelang tamat SD, melalui perbincangan sederhana, orang tua menginginkan saya untuk nyantren. Awalnya sih sedikit ragu, apa saya ntar mampu disana, jauh dari orang tua, hidup mandiri. Dan akhirnya saya pun menyetujui keinginan mereka. Dan dengan memantapkan hati, setelah lulus SD, saya nyantren!

Kemudian dicarilah informasi seputar Pondok Pesantren yang bagus, awalnya antara Ponpes Az-Zaytun ama Gontor. Dan dengan pertimbangan kualitas, dan prospek lulusan , karna terinspirasi ama alumni-alumninya, seperti Hasyim MuzadiNurcholis Madjid, danHidayat Nur Wahid, akhirnya Gontor menjadi pilihan.

Dan persiapan pun dilakukan sebelum berangkat ke Ponorogo, layaknya seperti orang yang mau pindahan rumah, dari baju sampe ember pun harus dipersiapkan. Setelah semuanya siap, cabutlah saya dari Depok ke Ponorogo.

Sesampai di Ponorogo, saya akhirnya tiba di gerbang Pondok Darussalaam Gontor 2. (Jadi, khusus calon Santri baru, itu di tempatkan dulu di Gontor 2 selama 2-3 Bulan, sebelum test penempatan (Red ceritagontor: test ujian masuk) sebelum jadi Santri sesungguhnya )

Jreng Jreng Jreng…
Melihat suasana kehidupan pesantren pertama kali, ga pernah saya bayangkan sebelumnya. Mungkin krn pada saat itu saya masih lugu dan polos (12 tahun), ya cuek aja sih.

Setelah registrasi selesai, kemudian saya mengikuti placement test untuk penempatan kelas. Haduh, saya belom  belajar (^psytrap^) moga aja ntar bisa ngerjain soalnya. Dan ketika saya melihat soal-soal ujian itu, terutama soal berhitung. Wow Alhamdulillah sesuatu sekali. Dengan Enjoy nya saya mengerjakan soal-soal itu. Yap. Saya pun dapat kelas D-4 ( hebat ya, lulus SD langsung D-4 ). wkwkwk.

Selama 2-3 Bulan di Gontor 2, saya banyak menemukan pengalaman baru, selain melatih untuk hidup mandiri, jauh dari orang tua, saya belajar utk bersosialisasi dengan teman-teman yang beraneka ragam asalnya.  Ada yang dari Palu, Makassar, dsb. Dan yang ga lupa adalah, disana kami diajarkan untuk menghargai waktu. Kegiatan diawali dengan Bangun pada jam 4 subuh sampai tidur lagi jam 10 malam, bener-bener full kegiatan.

Tapi, disinilah awal masalahnya, cuaca panas nan gersang ala Ponorogo, ternyata membuat saya jatuh sakit, asma mulai kumat. Tapi saya pada saat itu, masih ingin bertahan. Masa baru sebulan lebih disini udah ga kuat, secemen itukah saya. Yap. Saya harus Bertahan !

Singkat cerita, dilakukanlah placement test (Red ceritagontor: Ujian masuk KMI) untuk penempatan di Gontor mana yang akan menjadi pelabuhan kami berikutnya. Ya, semua calon Santri pasti ingin ditempatkan di Gontor 1, karna itu Gontor Pusatnya. Jadi, Gontor pada saat itu ada 10 cabang. Gontor 1 sampe Gontor 10. Ada yang di Magelang, Kediri, Banyuwangi, hingga Aceh. (Red ceritagontor: calon pelajar akan ditempatkan di pulau jawa saja, sementara untuk yang daftar di pondok cabang luar Jawa, langsung menuju pondok cabang, bukan di Gontor 2).
Dan pengumumannya pun tiba, semua calon Santri dikumpulkan di lapangan, dan dibacakanlah hasilnya….

Alhamdulillah, diterima di Gontor 1 ! Yeah ! Thanks God. *Langsung sujud Syukur.
Tapi sedihnya, saya pun berpisah dengan teman-teman sekamar, ada yang ditempatkan di Magelang, Kediri, dsb.

Setelah itu, kami pun diberi kesempatan untuk Liburan selama 50 hari (Red ceritagontor: sekarang hanya 20 hari, 10 hari sebelum dan sesudah Syawal). Dari 10 hari sebelum Ramadhan, sampe 10 hari Setelah Lebaran. Wah, ga kerasa uda libur lagi yaa…

Nb : Karena ini ceritanya lagi liburan, maka tulisan ini saya cukupkan dulu ya, Insya Allah akan saya lanjutkan Part 2 nya di lain waktu.

Wassalam.

Sumber: http://sansdr.blogspot.com/2012/03/jatidiri-itu-berawal-dari-gontor-part-1.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s