Profil Gontor Poso (Gontor 13)

Profil Pondok Modern Ittihadul Ummah Gontor Poso

Pondok Modern Ittihadul Ummah bertempat di Desa Tokorondo, Kec. Poso Pesisir, Kab. Poso Provinsi Sulawesi Tengah adalah lembaga pendidikan fillial (binaan) dari Pondok Modern Darusalam Gontor Ponorogo. Pola, sistem dan manajemen pendidikan di pesantren ini berkiblat kepada Pondok Modern Darussalam Gontor Poso.

Sistem pendidikan yang diterapkan di Pondok Modern Ittihadul Ummah Gontor Poso adalah system pendidikan wajib berasrama. Dimana Kyai sebagi sentral figure dan masjid sebagi pusat kegiatan. Seluruh santri/ santriwati wajib mengikuti seluruh kegiatan di dalam asrama selama 24 jam. Dalam proses kegiatan belajar mengajar, para santri akan diberikan materi pelajaran agama (Ad Dirosah Al Islamiyyah) dan materi pelajaran umum (Ad Dirsosah Al Ammiyyah).

Latar Belakang

Kabupaten Poso adalah salah satu kabupaten yang menjadi target pemerintah pusat dalam percepatan pembangunan serta pemulihan pasca konflik horizontal social. Dalam hal ini, Pemerintah Pusat menginstruksikan Kementrian Koordinator Bidang kesejahteraan rakyat untuk melaksanakan program pembangunan tersebut. Peningkatan taraf ekonomi dan pendidikan juga menjadi salah satu cress program utama dalam pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas di Kabupaten ini. Salah satu implemetasi dari instruksi Pemerintah Pusat kepada Kementrian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat adalah pembagunan Pondok Modern Ittihadul Ummah yang berdomisili di Desa Tokorondo Kecamatan Poso Pesisir dan mengacu kepada system dan manajemen Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo Jatim. Selama 10 tahun atau lebih Pondok Gontor akan memanage dan mengelola lembaga ini sampai pesantren tersebut telah mandiri. Selanjutnya, pengelolaan dan manajemen pesantren tersebut akan diserahkan kepada putra daerah yang telah belajar dan berpengalaman mengajar di Gontor.

Adapun dana yang digunakan dalam pembangunan ini bersumber dari dana bantuan Kementrian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat dengan dana diberikan dalam bentuk bangunan Pondok Pesantren dan dana bergulir untuk pengembagan masyarakat. Yang bertanggung jawab dalam menerima dan menyalurkan dana tersebut adalah Yayasan Ittihadul Ummah Poso sebagai perwakilan dari umat islam di Poso.

Yayasan Ittihadul Ummah, merupakan lembaga yang didirikan oleh umat Islam Poso, yang keanggotaannya terdiri dari beberapa tokoh masyarakat, birokrat serta tokoh ormas Islam di Kabupaten Poso. Latar belakang keanggotaan yang terdiri dari berbagai kalangan dan golongan inilah yang mendasari penamaan yayasan ini dengan “Ittihadul Ummah “ (Persatuan Umat). Untuk nama pesantren, telah disepakati oleh Yayasan dengan nama “Pesantren Modern Ittihadul Ummah Poso”.

Untuk teknis pembangunan, dirumuskanlah Memorandum of Understanding (MOU) antara kementrian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat dan Yayasan Ittihadul Ummah Ittihadul Ummah Poso (Nomor; 01/MOU/KMK/Dep. I/V/2007 dan nomor 04/IU/V/2007) dan MoU antara Yayasan Ittihadul Ummah Poso dan Pondok Modern Darussalam Gontor (Nomor; 05/IU/V/2007 dan nomor 224/PM-A-4/1428). Sesuai dengan kesepakatan segitiga tersebut, dana bantuan akan disalurkan kepada Yayasan kemudian akan disalurkan kepada Gontor Sebagai pelaksana Pembagunan dan pelaksana pengembangan dan manajemen pesantren selama 10 tahun pertama yang dapat diperpanjang sesuai dengan kesepakatan bersama.

Adapun tujuan dari pembangunan pondok pesantren ini adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan khususnya pendidikan Islam di Kabupaten Poso dan sekitarnya. Selain itu juga untuk mewujudkan tujuan dari pendidikan di Gontor, yaitu pendidikan yang diarahkan pada pembentukan pribadi muslim-muslim yang berbudi tinggi, berbadan sehat, ber-pengetahuan luas dan berpikiran bebas. Empat serangkai konsep inilah yang disebut motto Pondok Modern Darussalam Gontor. Adapun jiwa dari Pondok Modern ini adalah; Keikhlasan, Kesederhanan, Berdikari, Ukhuwah islamiyah dan Kebebasan, ke-lima konsep inilah yang disebut dengan Panca Jiwa Pondok Modern.

Pondok Modern Darussalam Gontor adalah sebuah lembaga pendidikan yang mempunyai visi untuk mencetak kader-kader pemimpin umat; menjadi tempat ibadah Tholab al-ilmi; dan menjadi sumber ilmu pengetahuan islam, bahasa al-Qur’an, dan ilmu pengetahuan umum, dengan tetap berjiwa Pondok. Adapun misi dari lembaga ini adalah;

1. Membentuk generasi yang unggul menuju terbentuknya khoir ummah.
2. Mendidik dan mengembangkan generasi mukmin-muslim yang berbudi tinggi, berbadan sehat, berpengetahuan luas, dan berpikiran bebas, serta berkhidmat kepada masyarakat.
3. Mengajarkan ilmu pengetahuan agama dan umum secara seimbang menuju terbentuknya ulama yang intelek.
4. Mewujudkan warga Negara yang berkepribadian Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT.

Sumber dan informasi lebih lanjut: http://gontorposo.wordpress.com/2009/05/18/profil-gontor-poso/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s