Tesis tentang Gontor Raih Gelar Cumlaude di Universitas Banha Mesir

dari: majalah wardun

Pondok Modern Darussalam Gontor telah berhasil menanamkan prinsip mewakafkan jiwa dan raga untuk mengajar sepanjang hidup kepada anak didiknya. Hal ini dipaparkan oleh Direktur Eksekutif Liga Universitas Islam, Ahmed Mohamed Sulaiman, M.A., dalam tesis yang dipertahankannya untuk meraih gelar Master bidang Ilmu Pendidikan di Universitas Banha, Mesir, pada tanggal 23 April 2011. Tesis yang berjudul “Studi Evaluatif atas Pengalaman Balai Pendidikan Pondok Modern Darussalam Gontor Indonesia, dalam Menerapkan Konsep Pendidikan Hidup” tersebut diuji oleh empat orang Guru Besar Ilmu Pendidikan dari Universitas Ain Shams dan Universitas Banha.

Dalam tesisnya, penulis yang telah beberapa kali berkunjung ke Gontor ini juga mengemukakan, Pondok Modern Darussalam Gontor adalah pionir di Asia Tenggara dalam menerapkan pola pendidikannya. Sebuah upaya modernisasi pendidikan Islam yang bertolak dari dasar-dasar pendidikan Islam dan filsafat pendidikan modern, sebagai konsep pendidikan untuk hidup. Menurutnya, pengalaman Gontor ini sangat penting untuk diterapkan di Mesir.

Sidang tesis ini dihadiri para Guru Besar Ilmu Pendidikan, para dosen dan mahasiswa Universitas Banha, dan Atase Pendidikan KBRI Kairo, Prof. Dr. Sangidu, M.Hum. bersama staf dan beberapa mahasiswa alumni Pondok Modern Gontor yang sedang belajar di Mesir. Dalam kesempatan itu, Prof. Dr. Hanan yang menjadi pembimbing tesis tersebut sangat bangga atas karya ilmiah bidang pendidikan ini seraya berharap agar hasil penelitian ini dapat memperkuat hubungan diplomasi antara Indonesia dan Mesir.  Seusai sidang, tim penguji mengumumkan bahwa tesis tersebut meraih nilai mumtaz/cumlaude.

Sumber: http://www.wardun.gontor.ac.id/?page_id=248

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s