Seputar Gontor 2 – Calon Pelajar Gontor

Untuk mondok di Pondok Modern Gontor, para santri sebelum mengikuti ujian masuk (tulis/lisan) biasanya menjalani masa tahap bimbingan belajar. Di Gontor dikenal dengan istilah Calon Pelajar (Capel). Seluruh santri Capel ini ditempatkan di satu lokasi yaitu di Gontor 2 di Siman, Ponorogo. Lokasinya sekitar 8 km dari PM Gontor 1 (Mlarak, Ponorogo). Di Gontor 2 inilah para santri Calon Pelajar digembleng dan dibina sehingga mampu dan dapat lulus menjadi pelajar di Gontor.

Dalam mempersiapkan penerimaan santri baru 2012, Pondok Modern Darussalam Gontor 2 Ponorogo telah berupaya dalam membenahi seluruh sarana dan prasarananya, untuk memenuhi pendaftaran calon pelajar baru dengan banyak merenovasi seluruh sarana dan prasarana yang ada, seperti halnya pembangunan yaqdzoh 4 dua lantai, yang targetnya selesai akhir April ini.

Dalam hal ini seluruh guru yang ada di Gontor 2 dengan seluruh kemampuan semangat dan keikhlasannya terus berupaya untuk menyelesaikan pembangunan ini, dan merenovasi seluruh sarana dan prasarana di Gontor 2 mulai dari pergedungan, kamar mandi, seluruh bagian-bagian atau unit-unit usaha, semua telah dipersiapkan.

Karena menurut pengalaman pada tahun 2011, dengan membludaknya calon siswa yang mendaftar. ditambah lagi pada tahun ini munculnya tayangan Film Negri Lima Menara karya anak bangsa dari novel asli Negri Lima Menara karya Ahmad Fuadi.

Para Capel, setelah mengikuti ujian masuk, kemudian diumumkan kelulusannya dan penempatannya baik di Gontor 1, 3, 5, 6 dsb. Para Capel yang tidak lulus menjadi Pelajar Gontor, biasanya mengulang kembali di Gontor 2, dan biasanya akan dievaluasi setiap 6 bulan sampai mereka betul-betul siap menjadi pelajar/santri di Gontor.

 

Sumber: http://zaimhdy.wordpress.com/2012/03/10/seputar-gontor-2-calon-pelajar-gontor

Sekilas Tentang Pondok Modern Gontor 2

Oleh: Zulkifli Hazmar

A. PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN

Pondok Modern Gontor 2 adalah salah satu cabang Pondok Modern Darussalam Gontor di Mlarak Ponorogo yang didirikan untuk membimbing dan mempersiapkan calon siswa dalam menghadapi Ujian Masuk Kulliyatu-l-Muiallimin Al-Islamiyah/KMI. Mulai tahun ajaran 1419-1420 H atau pada tahun 2000, Pondok Modern Darussalam Gontor 2 telah menerapkan dua program pendidikan siswa KMI dan pendidikan calon siswa KMI. Siswa KMI adalah calon siswa yang telah dinyatakan lulus Ujian Masuk KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo, ditempatkan di Pondok Modern Gontor 2. Sedangkan calon siswa KMI atau Calon Pelajar adalah mereka yang mengikuti bimbingan belajar untuk menghadapi Ujian Masuk KMI.

B. KURIKULUM

Kurikulum di Pondok Modern Darussalam Gontor 2, terbagi menjadi dua bagian:

1. Kurikulum Siswa KMI, yaitu materi kelas satu (tamatan SD/MI) dan satu Intensif (Tamatan SLTP/Mts/SMU) yang diajarkan bagi siswa yang telah lulus di Gontor 2 yang mengacu dan berpedoman langsung kepada kurikulum Pondok Modern Gontor Pusat. Pendidikan dilaksanakan dari bulan Syawal s.d Ujian Pertengahan Tahun Pertama pada bulan Rabiul Awwal.

2. Kurikulum Calon Siswa KMI, yaitu materi persiapan untuk menghadapi Ujian Masuk KMI, yaitu meliputi: al-Qur’an, Tajwid, al-Imla’ (dikte Arab), Berhitung Angka, Berhitung Soal, Bahasa Indonesia dan Fiqh Ibadah. Di samping itu, di ajarkan pula Dasar-dasar Percakapan Bahasa Arab dan Inggris, Tauhid, Mahfudzot, Hadist, Tafsir, Sejarah Islam dan lain-lain. Program ini dilaksanakan pada bulan Rabiul Tsani s.d bulan Rajab.

(Kulliyyatu-I-Muallimin Al-Islamiyah (KMI) telah disamakan dengan Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah Negeri (SK Sekjen Binbaga Islam No. E.IV/KEP/64/98) dan Sekolah Menengah Umum (SK Mendiknas No. 105/5/2000)).

C. KEGIATAN UJIAN DI PM GONTOR 2

Bagi calon siswa KMI atau calon pelajar dalam meningkatkan dan memudahkan bimbingan belajarnya, sebelum dan setelah pembelajaran dilaksanakan beberapa ujian sebagai berikut:

1. Ujian Penempatan Kelas, adalah ujian pertama kali dilaksanakan ketika calon siswa masuk/mendaftarkan dirinya. Dimaksudkan untuk menentukan kelas sementara calon siswa yang sesuai dengan kemampuannya. Ujian ini meliputi; physco test, Al-Qur’an, Berhitung Angka, Berhitung Soal dan Imla’ (dikte Arab).

2. Ujian Pemindahan Kelas.  Untuk menciptakan milliu belajar dan meningkatkan prestasi calon pelajar diadakan ujian perpindahan kelas (dari kelas sementara, diacak kembali ke kelas yang baru sesuai kemampuan). Ujian ini menggunakan soal-soal standart Ujian Masuk KMI Pondok Modern Gontor 1. Sehingga ujian ini merupakan sarana evaluasi belajar bagi guru dan calon pelajar sebelum menghadapi Ujian Masuk KMI Pondok Modern Gontor Ponorogo.

3. Ujian Masuk KMI. Ujian ini diadakan dua gelombang. Gelombang Pertama di Pondok Modern Gontor 2 setiap Sya’ban. Sedangkan gelombang kedua dilaksanakan pada bulan Syawal langsung di Pondok Modern Darussalam Gontor Pusat. Dengan kriteria kelulusan sebagai berikut:

– Lulus di PM Darussalam Gontor Pusat, Mlarak, Ponorogo.

– Lulus di PM Darussalam Gontor 2, Madusari, Ponorogo.

– Lulus di PM Darul Ma’rifat (Gontor 3), Kediri.

– Lulus di PM Darul Muttaqien (Gontor 5), Banyuwangi.

– Lulus di PM Darul Qiyam (Gontor 6), Magelang.

– Tidak lulus.

Bagi yang belum lulus pada Ujian Masuk KMI gelombang pertama (bulan Sya’ban), dapat melanjutkan bimbingan belajar kembali di Pondok Modern 2 untuk menghadapi Ujian Masuk KMI gelombong kedua (bulan Syawwal). Bagi siswa yang lulus di Pondok Modern Gontor I, diberikan kesempatan mengikuti bimbingan belajar untuk menghadapi ujian kelas lanjutan (kelas 2 dan 3) setelah pengumuman kelulusan di Pondok Modern Darussalam Gontor 2.

Bagi Siswa KMI yang lulus di Gontor 2, setelah diadakan Ujian Pertengahan Tahun untuk Tengah semester pertama, yang mana hasil ujian tersebut menentukan perpindahan siswa untuk melanjutkan tengah semester keduanya di Gontor Pusat bagi siswa yang berprestasi bagus, sedangkan yang berprestasi masih kurang, ditempatkan di Gontor cabang lain, seperti Gontor 3 di Kediri, Gontor 5 di Banyuwangi atau Gontor 6 di Magelang.

D. KEGIATAN EKSTRA KURIKULER

Sejak awal tahun ajaran, para siswa telah diperkenalkan dan dilibatkan secara aktif, dalam berbagai kegiatan ekstra kulikuler, seperti: kepramukaan, latihan pidato dalam tiga bahasa (Arab, Inggris dan Indonesia), Muhadatsah (Percakapan dalam bahasa Arab dan Inggris), dan beberapa macam kursus keterampilan serta olah raga.

E. TENAGA PENGAJAR

Guru di Gontor 2 semuanya tamatan KMI dan Institut Islam Darussalam (ISID) Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo. Selain mengajar, para guru juga aktif dalam kegiatan-kegiatan lain, yang meliputi: kepramukaan, lari pagi, pembinaan latihan pidato, serta mengolah unit-unit usaha, seperti: koperasi pelajar, cafe, kantin, penatu, wartel dan lain-lain.

Itulah informasi singkat tentang Gontor khususnya Pondok Modern Gontor 2. Jika ingin tahu tentang Gontor lebih luas dan bagaimana belajarnya silahkan masukkan anak, keponakan, family, adik dan sebagainya ke Gontor. Gontor sangat terbuka untuk umum, siapa saja bisa masuk Pesantren Gontor karena “Gontor Berdiri di Atas dan Untuk Semua Golongan”. Semoga bermanfaat. Amin.

Sumber: http://zulkiflihazmar.blogspot.com/2011/06/penjelasan-singkat-tentang-pondok.html

Persiapan dari pondok

Seiring jalanya persiapan penerimaan santri Gontor 2 tahun 2012 ini semua persiapan sarana dan prasaranapun dioptimalkan dengan sedemikian rupa. Begitu halnya keindahan taman-tamannya, kali ini bagian pertamanan Gontor 2 terus berupaya dengan seluruh tenaga pikiran keringat untuk membenahi seluruh taman tamannya agar lebih indah dan rapi. Bermodal tekad dan niat yang kuat mereka terus berupaya dalam hal ini, sehingga jika para pengunjung yaitu tamu-tamu berdatangan seolah akan tercengang melihat keindahannya dan banyak akan bertanya-tanya tentang siapa sich yang membuat taman seindah ini.

Jika dilihat dari segi infrastruktur taman dan biaya ini bukanlah taman yang biasa karena jika orang benar-benar ahli taman mereka pasti tahu bahwa taman seperti ini tentulah para professor pertamananlah yang membuatnya. Jawabannya tentu tidak!

Inilah hasil karya murni dari para alumni Pondok Modern Gontor dengan bermodal tekad dan niat yang kuat mereka dqapat membuat taman yang hanya bisa dibuat oleh para ahli, tetapi ini bermodalkan keikhlasan dan berani mencoba tidak takut salah. “Coba dan perhatikan pasti kamu akan tahu”.

Dari pada itu Bagian Pertamanan Gontor 2: Ust. Yusuf Ali Dzikri, Ust. Reli Susanto, Ust. Veno , merekalah sang perancang atau designer of garden at Gontor 2.

 

Faruq News

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s