Buat calon wali santri PM GONTOR yang terhormat

Buat calon wali santri PM GONTOR yang terhormat,

Ternyata forum ini banyak juga diikuti para calon wali santri yang ternyata sama kondisinya ketika saya dulu mau memasukkan anak saya ke Gontor dengan keterbatasan info dan minimnya pengetahuan saya tentang Gontor. Berdasarkan pengalaman, saya ingin berbagi tentang hal-hal apa yang harus dipersiapkan sebagai calon wali santri gontor.

  1. Pertama cari info gontor di webnya : www.gontor.ac.id
  2. Sebelumnya kunjungi gontor bersama anak, untuk mengetahui iklim dan suasananya, lebih sering lebih baik (kuatkan keinginan anak untuk mondok di Gontor)
  3. Setelah kelulusan SD/SMP langsung saja anak dimasukkan ke Gontor (putra di Gontor 2), sebelum ujian masuk dilaksanakan. Gunanya anak sudah diberi pelajaran penyesuaian sebelum ujian masuk dan juga penting untuk lebih memudahkan sosialisasi dengan teman yang berasal dari berbagai daerah, jangan khawatir kalau ijazah belum keluar, karena nanti bisa menyusul.
  4. Persiapkan hal-hal yg terkait dengan peralatan anak sehari-hari (di koperasi disediakan), tapi untuk awal lebih baik dibawa dari rumah :

a. Baju dan celana (celana panjang : polos gelap/bukan jins dan sejenisnya), baju (pendek dan panjang) : polos, tidak mencolok, bukan kotak/garis-garis besar, ikat pinggang, termasuk baju dalam
b. sepatu d kaos kaki (pantovel dan olah raga), sandal untuk harian (jepit)
c. kaos dan celana training (kaos tidak boleh ada identitas daerah, klub…dll, kalau bisa polos atau yang tidak terlalu mencolok tulisannya)
d. alat mandi dan cuci baju (termasuk ember dan hanger baju)
f. peralatan sholat (sarung, baju koko, peci (hitam), sajadah, Alquran)
g. alat-alat sekolah (tidak usah bawa tas sekolah), buku-buku pelajaran beli di koperasi
h. alat makan (piring, sendok, gelas)
h. obat-obatan (terutama obat flu/batuk, kulit dll)
i. peralatan kecil lain (lem, gunting, pidol, tatakan kuku, jarum/benang, kertas kado (untuk alas lemari) dll
j. Terakhir persiapan mental mau pisah sama anak (he…he..)

Untuk diperhatikan, berhubung anak masih dalam penyesuaian, kalau nanti awal-awal (sampe sekarang juga) banyak barang yang hilang (karena lalai dan sebab lain) perlu kiranya beberapa barang di sediakan cadangan (sandal, sajadah, handuk, baju dalam, peci dll). Saya sampai lupa 1 1/2 tahun ini handuk sudah beli yang keberapa ? He..he.
Oh…ya anak tidak diperbolehkan bawa alat-alat elektronik (handphone, radio, komputer, televisi, kulkas (???!!!) dll. Tidak boleh bawa senjata tajam, apalagi senjata api (he..he).

Ini barangkali hal-hal yang saya ingat harus dibawa, pengalaman saya dulu tidak bawa semua di atas. Jadi kalang kabut bukan main. Nanti barangkali ada beberapa wali santri yang berkenan menambahi yang terlewat. Terima kasih.

Wassalamualaikum wr.wb.

Sumber: http://majubersamayo.blogspot.com/2010/10/ass.html

4 thoughts on “Buat calon wali santri PM GONTOR yang terhormat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s