Pengasuhan Santri

PENGASUHAN SANTRI MEMPERANFUNGSIKAN SELURUH SEKTOR UNTUK PENDIDIKAN SANTRI

Lembaga Pengasuhan Santri Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) bertugas memperanfungsikan seluruh sektor untuk pendidikan santri. Pengelolaannya langsung ditangani oleh Pengasuh Pondok yaitu KH. Abdullah Syukri Zarkasyi, M.A. dan KH. Hasan Abdullah Sahal. Namun dalam pelaksanaannya dibantu oleh Staf Pengasuhan, yang terdiri dari sembilan orang guru KMI.

Termasuk dalam pengawasan lembaga ini adalah kegiatan santri tingkat menengah (KMI), meliputi seluruh kegiatan yang dikelola oleh Organisasi Pelajar Pondok Modern (OPPM) dan Koordinator Gerakan Pramuka; serta santri mahasiswa di tingkat perguruan tinggi, yang kegiatannya dikelola oleh Dewan Mahasiswa (DEMA).

Tugas Pengasuhan Santri adalah memberikan bimbingan, pengajaran, dan pengembangan kepada para santri, yakni pada aktivitas ekstra kurikuler yang meliputi keorganisasian, kepramukaan, bahasa, disiplin, olahraga, ketrampilan, kesenian, akhlak, dan ibadah.

Bagi Pondok Modern, pendidikan bukan hanya di dalam kelas saja, melainkan pengawasan terhadap kehidupan santri selama 24 jam penuh di pondok. Itulah sarana yang tepat dan strategis untuk menanamkan nilai-nilai kehidupan Islami, yang mengacu kepada nilai dan filsafat hidup pondok yang tertuang dalam panca jiwa; keikhlasan, kesederhanaan, berdikari, ukhuwwah Islamiyah dan jiwa kebebasan. Alatnya adalah disiplin. Dalam menegakkan disiplin santri, saat ini pondok lebih menekankan pada pendekatan kesadaran dan tindakan preventif dengan meminimalkan hukuman fisik.

Untuk lebih mengoptimalkan kerja pengasuhan dan pemerataan sentuhan kepada seluruh santri, lembaga ini memperanfungsikan bapak-bapak guru sebagai pembimbing dan penanggungjawab pada setiap sektor kegiatan yang ada, seperti kegiatan pelajaran sore, kegiatan latihan pidato dan diskusi, kegiatan bahasa, kegiatan asrama dan kegiatan konsulat. Sebagai penanggungjawab sektor-sektor kegiatan, semua guru pembimbing diberi wewenang khusus oleh Pengasuh untuk mengambil inisiatif dan langkah-langkah demi kelancaran jalannya aktivitas santri.

Dalam rangka konsolidasi dan evaluasi dengan seluruh pembimbing, serta dalam rangka perbaikan dan peningkatan pembimbingan, diadakan beberapa pertemuan berkala. Di satu sisi, lembaga Pengasuhan Santri juga berfungsi sebagaiGuidance and Counseling, yakni membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi santri, terutama melalui bapak-bapak guru wali kelas dan para pembimbing sektor kegiatan yang dibentuk.

Berikut garis besarnya kegiatan yang ditangani oleh Pengasuhan santri, yang terbagi dalam kegiatan harian, mingguan, bulanan, tengah tahunan, dan tahunan.

A.      Kegiatan Harian

  1. Mengontrol jalannya disiplin santri;
  2. Mengadakan koordinasi dengan staf KMI dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran santri;
  3. Melaksanakan ujian imamah untuk siswa kelas VI;
  4. Memberikan bimbingan dan penyuluhan bagi santri siswa akhir dan kelas V;
  5. Memeriksa laporan absen santri dari kelas satu sampai kelas enam setiap malam pukul 22.00;
  6. Mengadakan kontrol terhadap fasilitas dan sarana santri;
  7. Mengontrol jalannya pelajaran sore.

B.   Kegiatan Mingguan

  1. Mengadakan tau‘iyyah diniyah (‘ceramah keagamaan’) setiap hari Senin dan Rabu di Masjid Jami‘ oleh Pimpinan Pondok atau guru-guru senior
  2. Menyusun jadwal imamah shalat jama‘ah di Masjid Jami‘ untuk guru-guru Sarjana S1;
  3. Mengadakan seleksi  khatib Jum‘at untuk siswa kelas VI;
  4. Memeriksa laporan mingguan dari tiap-tiap bagian OPPM, Rayon, dan Konsulat;
  5. Mengadakan kontrol terhadap fasilitas dan sarana santri;
  6. Mengontrol jalannya pelajaran sore.

C.      Kegiatan Bulanan

  1. Menghadiri rapat koordinasi antarbagian di OPPM;
  2. Mengadakan pertemuan dan koordinasi dengan para guru pembimbing dari guru-guru KMI, yaitu Pembimbing Asrama, Pelajaran Sore, Konsulat, Latihan Pidato dan Diskusi dan Pembimbing Bahasa;
  3. Memeriksa laporan keuangan dan kegiatan bulanan bagian-bagian OPPM, Asrama dan Klub-klub bahasa.
  4. Mengadakan evaluasi bulanan bagi segenap pengurus OPPM dan Koordinator.

D.     Kegiatan Tengah Tahunan

  1. Membentuk panitia penjemputan santri setelah liburan di terminal Ponorogo dan stasiun kereta api Madiun;
  2. Menulis Raport Mental dan Raport Pelajaran Sore seluruh siswa kelas I – V setiap semester;

E. Kegiatan Tahunan

  1. Menyelenggarakan Ujian Pelajaran Sore semester I dan II.
  2. Pengecatan dan perbaikan sarana dan prasarana pendidikan pondok;
  3. Membimbing kepanitiaan bulan Ramadhan dengan segala kegiatannya seperti; pembinaan dan bimbingan belajar para mukimin calon pelajar, pelaksanaan salat tarawih dan kuliah subuh di Masjid Jami’ dan kegiatan-kegiatan ibadah lainnya di bulan Ramadhan;
  4. Membimbing kepanitian bulan Syawwal dengan segala kegiatannya seperti; penerimaan siswa baru, penjemputan siswa lama, pembagian asrama bagi siswa lama dan baru, penyambutan tamu-tamu dan penjagaan keamanan di tempat-tempat strategis;
  5. Membimbing kepanitian Pekan Perkenalan (Khutbatu-l-‘Arsy) dengan segala kegiatannya:
  • Pengajaran Hymne “Oh Pondokku”,
  • Pekan Olah Raga dan Seni,
  • Apel Tahunan Pondok Modern,
  • Kuliah Umum Khutbatul ‘Arsy,
  • Jambore dan Raimuna antarpondok alumni,
  • Festival lagu dan Poetry Reading,
  • Malam Aneka Ria Nusantara dan Demonstrasi Bahasa,
  • Laporan Panitia Bulan Syawwal dan serah terima jabatan dari Panitia Bulan Syawwal ke OPPM,
  • Drama Arena siswa Kelas V,
  • Pentas Seni Sidasa Band dan Mahadasa Band,
  • Panggung Gembira siswa kelas VI;

6.        Membentuk Panitia Qurban pada ‘Idul Adha 1423, mengkoordinir guru, santri, dan lain-lain dalam melaksanakan ‘udhiyah (kurban). Jumlah binatang kurban Hari Raya Qurban yang lalu sebanyak 44 ekor sapi dan 722 ekor kambing;

7.        Mengadakan peringatan Tahun Baru Hijriyah;

8.        Melaksanakan puasa ‘Asyura;

9.        Melaksanakan upacara peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2003.

PELAJARAN SORE

Pelajaran Sore adalah salah satu kegiatan lembaga Pengasuhan Santri yang dikhususkan untuk siswa KMI kelas I – IV. Kegiatan yang dilaksanakan setelah Proses Belajar Mengajar (PBM) KMI, 13.50 – 14.50 WIB ini, selain untuk mengintensifkan pemanfaatan waktu santri juga berfungsi sebagai pendalaman beberapa materi pada PBM KMI, meliputi: Muthala`ah, Nahwu, Sorof, Reading, dan al Qur’an. Pelaksanaan kegiatan tersebut ditangani oleh koordinator Pelajaran Sore dari guru KMI berjumlah 8 orang,  dibantu 10 pengurus bagian Pengajaran Organisasi Pelajaran Pondok Modern (OPPM). Adapun pengajar Pelajaran Sore pada tahun ini, terdiri dari 96 guru KMI dan 150 siswa kelas VI yang setelah pergantian OPPM diganti oleh siswa kelas V.

Untuk mengintensifkan pelaksanaan berbagai program guna menciptakan suasana kondusif bagi PBM, koordinator Pelajaran Sore bersama pengurus bagian Pengajaran OPPM melaksanakan bermacam kegiatan harian, meliputi: gerakan tabkir (masuk kelas tepat) guna mengkondisikan para siswa untuk bergegas berangkat ke kelas; pemeriksaani`dad (persiapan mengajar) dan naqdu al-tadris (evaluasi mengajar) dengan bantuan 25 guru KMI yang telah mengajar 4 – 5 tahun; serta kontrol kelas dan asrama siswa oleh piket keliling berjumlah 125 siswa.

Selain kegiatan harian juga dilaksanakan kegiatan mingguan, yaitu: pertemuan rutin koordinator Pelajaran Sore bersama seluruh pengurus bagian Pengajaran OPPM pada hari Rabu setelah pelaksanaan kegiatan PBM; evaluasi mingguan untuk para pengajar dari siswa KMI pada hari Jum`at malam  oleh koordinator Pelajaran Sore dan pertemuan para ketua kelas I – IV oleh pengurus bagian Pengajaran OPPM di kantornya, gedung Santiniketan kamar 04.

Sebagai usaha mengontrol penyampaian materi oleh para pengajar kepada siswa, koordinator Pelajaran Sore mulai tahun 2003 mengadakan koreksi masal bulanan terhadap koreksian guru pada buku tulis siswa. Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, mereka dibantu oleh 40 guru KMI yang telah mengajar selama 4 – 5 tahun.

UJIAN PELAJARAN SORE

Sebagai evaluasi kegiatan PBM Pelajaran Sore, dilaksanakan Ujian Pertengahan Tahun dan Ujian Akhir Tahun. Pelaksanaan Ujian Pertengahan Tahun diawali dengan pengarahan untuk seluruh siswa kelas VI  yang berjumlah 582 siswa oleh Direktur KMI pada 27 Mei 2003 di Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM) Darussalam Gontor.

Ujian syafahi (lisan) dengan materi al Qur`an, Tajwid, `ibadah `amaliyah dan qauliyah hanya diikuti oleh seluruh siswa keals 1, 1 Intensif, dan kelas 2 dari siswa baru, pada Jum`at, 29 Mei 2003. Ujian tersebut melibatkan 225 penguji: 75 guru dan 150 siswa kelas VI. Sedangkan ujian tahriri (tulis) yang melibatkan 270 pengawas; 90 guru dan 180 siswa kelas VI dilaksanakan pada tanggal 30 Mei – 2 Juni 2003. Pada tanggal 3 Juni 2003 dilaksanakan ujian bahasa untuk siswa kelas I – IV.

Adapun Ujian Akhir Tahun dimulai dengan ujian syafahi tanggal 4 September 2003 setelah sebelumnya, tanggal 4 September 2003 dilaksanakan acara Pengarahan untuk 742 siswa kelas V oleh Direktur KMI di BPPM. Ujian ini melibatkan 230 penguji; 80 guru dan 150 siswa kelas V. Ujian tahriri dilaksanakan pada tanggal 5 – 9 September 2003 melibatkan 280 pengawas; 90 guru dan 190 siswa kelas V. Sedangkan ujian bahasa dilaksanakan pada tanggal 10 September 2003.

RAPORT MENTAL

Nilai siswa dalam Ujian Pertengahan Tahun dan Akhir Tahun ditulis dalam raport mental oleh staf Pengasuhan Santri dengan bantuan 55 siswa KMI kelas VI . Penulisan raport tersebut dilaksanakan pada masa Ujian Pertengahan Tahun dan Akhir Tahun KMI di kantor Pengasuhan Santri.

Selain berisi nilai ujian pelajaran sore, raport mental juga berisi hasil pemantauan terhadap perkembangan mental santri PMDG yang dilakukan oleh guru wali kelas, para pengurus rayon, beberapa bagian OPPM, dan Gerakan Pramuka, meliputi nilai mental, latihan kepramukaan, latihan pidato, serta kemampuan berbahasa Arab dan Inggris. Raport mental tersebut dibagikan kepada santri pada liburan pertengahan tahun dan akhir tahun sebagai laporan pengasuh kepada orang tua/wali santri.

MUHADLARAH (LATIHAN PIDATO)

Latihan pidato adalah salah satu kegiatan ekstra-kurikuler yang wajib diikuti oleh setiap siswa KMI PMDG. Seluruh siswa kelas I – V yang terbagi dalam 99 kelompok dituntut secara intensif meningkatkan kemampuan mereka dalam berbahasa Arab, Inggris, dan Indonesia, di samping juga melatih keberanian dan mental. Siswa yang bertindak sebagai pembicara dan pembawa acara, wajib menulis naskah pada buku tulis khusus dan memeriksakannya kepada paramuraqib (pengawas).

Latihan pidato dilaksanakan pada 3 hari yang berbeda; Ahad malam untuk bahasa Inggris, Kamis siang untuk bahasa Arab, dan bahasa Indonesia pada malam harinya. Bertindak sebagai muraqib dalam kegiatan tersebut, 582 siswa kelas VI secara bergantian pada pertengahan tahun pertama,  setelah pergantian OPPM, dan 742 siswa kelas V pada pertengahan tahun kedua setelah pergantian OPPM.

HAFALAN AL-QUR`AN

Upaya menanamkan kesadaran cinta al-Qur`an kepada para santri PMDG terus dilakukan sejak dini, di antaranya dengan rogram hafalan surat-surat dalam Juz `Amma yang menjadi salah satu syarat kenaikan kelas mereka. Program ini dilaksanakan oleh para wali kelas, dan sebagai alat kontrol kegiatan ini, setiap santri mendapatkan buku setoran hafalan yang ditandatangani oleh wali kelas ketika mengajukan hafalan.

Batas hafalan untuk setiap kelas berbeda. Khusus bagi siswa kelas VI, selain wajib menghafal sejumlah surat dalam Juz `Amma yang telah ditentukan, juga wajib menghafal beberapa surat tambahan, yaitu: al-Sajdah, Yasin, al-Shaf, al-Jumu`ah, al-Munafiqun, dan al-Qiyamah. Berikut daftar batas-batas hapalan surat Juz `Amma:

DATA ASRAMA / RAYON SANTRI
TAHUN : 1424 / 2003

No

Nama

Rayon

Jml.

Kamar

Jumlah

Anggota

1

Aligarh 1/1

9

401

2

Aligarh 1/2

12

514

3

Wisma Hadi

10

316

4

Darul Hijroh

6

126

5

Saudi 1/1

9

239

6

Saudi 1/3

6

151

7

Saudi 2/3

6

121

8

Saudi 3/1

9

280

9

Saudi 3/2

11

211

10

Saudi 3/3

5

145

11

Saudi 5/2

6

155

12

Sholihin

4

128

13

Indonesia 1/1

8

162

14

Indonesia 1/2

5

266

15

Indonesia 2/1

8

150

16

Indonesia 2/2

8

242

17

Indonesia 3/1

5

113

18

Indonesia 3/2

4

145

19

Indonesia 4

6

129

JUMLAH

137

3994*

 

NB : *Sebagian santri bertempat

di bagian-bagian OPPM, Koordi-

nator,atau sektor lain Pondok.
 

DATA SANTRI PER-KONSULAT
TAHUN : 1424 / 2003

No

Nama Konsulat

Jumlah Anggota

1

Luar Negeri

67

2

Aceh

72

3

Sumatra Utara

73

4

Sumatra Barat

68

5

Riau

112

6

Jambi

46

7

Palembang

98

8

Bengkulu

67

9

Bangka Belitung

61

10

Lampung

118

11

Banten

158

12

Jakarta

438

13

Bekasi

210

14

Priangan

320

15

Bogor

212

16

Cirebon

108

17

Pekalongan

177

18

Banyumas

62

19

Magelang

90

20

Semarang

210

21

Surakarta

141

22

Madiun

83

23

Ponorogo Luar

88

24

Ponorogo Dalam

26

25

Kediri

75

26

Jombang

57

27

Surabaya

189

28

Gresik

77

29

Bojonegoro

130

30

Malang

120

31

Blitar

77

32

Besuki

74

33

Madura

32

34

Kalimantan

130

35

Banustra

65

36

Sulawesi Maluku dan Papua

134

JUMLAH

4265

DATA FASILITAS SANTRI PER-ZONE
TAHUN : 1424 / 2003

 1. Kamar Mandi dan WC

No

Tempat

KM

WC

1

Aligarh 1/1

47

27

2

Aligarh ½

64

32

3

Darul Hijroh

48

19

4

GOR

0

3

5

Indonesia 3

11

5

6

Indonesia 4

26

26

7

Komsol

16

16

8

Mido’ah Bawah

4

4

9

Samping Indonesia 4

20

0

10

Samping Kopda

18

0

11

Saudi Lt. 2

24

14

12

Saudi Lt. 3

12

3

13

Saudi Lt. 1

24

14

14

Wisma Hadi

10

10

15

Mido’ah Atas

6

6

16

Lain-lain

32

27

Total Keseluruhan

362

206

 2. PANCURAN

No

Tempat

Jumlah

1

ADM

9

2

Aligarh

54

3

Darul Hijroh

108

4

Indonesia 4

48

5

Samping Pembangunan

44

6

Koperasi Dapur

43

7

Indonesia 2/1

12

8

Saudi 1/1

14

9

Saudi 3/1

14

10

Komsol

17

11

Wisma Hadi

20

Total Keseluruhan

383

 DATA SANTRI YANG PULANG TAHUN 1424/2003

No.

Sebab Kepulangan

Semester I

Semester II

Jumlah

1.

Pindah Sekolah

28

48

76

2.

Istirahat

18

21

39

3.

Dipindah ke Pondok Cabang

5

4

9

4.

Sanksi Disiplin

9

25

34

5.

Tanpa Keterangan 23

40

63

6.

Faktor Kesehatan

9

-

9

7.

Meninggal Dunia

1

-

1

8.

Siswa yang Tidak Kembali Setelah Liburan

-

10

10

Jumlah

93

148

241

Sumber: http://wardun.tripod.com/Pengasuhan.htm

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s